Senin, 03 Desember 2012

materi IPS Kelas 2 SD

materi IPS Kelas 2 SD
DOKUMEN KELUARGA SEBAGAI SUMBER CERITA
A.      Dokumen Diri
Apakah dokumen itu ?
Dokumen adalah surat penting yang dipakai sebagai bukti atau keterangan.
Apakah kalian memiliki dokumen ?
Semua orang memiliki dokumen.
Bisa berupa dokumen diri atau dokumen keluarga.
Akta kelahiran, buku rapor, kartu tanda penduduk (KTP), surat ijin mengemudi (SIM) adalah contoh dokumen pentin. Dokumen penting lainnya antara lain kartu keluarga, kartu pelaja, ijazah, piagam, sertifikat tanah, foto, dan paspor. Sekarang mari kita pelajari beberapa dokumen tersebut
.

1.       Akta Kelahiran
                Sore hari Dio duduk bersama ayahnya di teras rumah. Dio bercerita tentang pengalamannya di sekolah. Dio bercerita tentang pelajaran yang diajarkan guru. Dio juga bercerita tentang ibu guru yang menanyakan tentang hari dan tanggal lahir semua siswa. Dio lupa tanggal lahirnya. Dio hanya ingat bulannya, karena Dio pernah mendapat hadiah ulang tahunnya berdekatan dengan Hari kemerdekaan Republik Indonesia. Dio bertanya kepada ayahnya, siapa yang mencatat tanggal kelahiran kita. Ayah menjelaskan, akta kelahiran adalah salah satu dokumen penting. Dokumen harus disimpan baik-baik.
Akan lebih baik lagi jika dokumen dibungkus atau dipres dengan plastik. Pengepresan dokumen disebut laminating.
Akta kelahiran jangan sampai hilang. Akta kelahiran berguna untuk mengurus administrasi. Saat kamu akan mendaftar sekolah, juga dimintai foto copy akta kelahiran. Akta kelahiran juga disebut dengan surat tanda kenal lahir . Akta kelahiran dibuat oleh kantor catatan sipil. Kantor catatan sipil hanya ada di kabupaten atau kota.
2.       SIM
                Tanyakan kepada ayah, ibu, paman atau orang dewasa yang ada di rumahmu.
Apakah mereka memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM)? Biasanya ayah atau orang yang sudah dewasa mempunyai SIM. SIM ada beberapa jenis, SIM A untuk mobil SIM B untuk truk, bus dan kendaraan besar, sedangkan SIM C untuk kendaraan bermotor.
3.       Rapor
                Semua siswa mempunyai dokumen berupa rapor. Rapor berisi data-data pribadi dan nilai-nilai di sekolah. Buku rapor juga harus di jaga dengan baik.
Kamu juga punya rapor ketika sekolah di TK. Bagaimana nilai kamu di TK ?
Jika di TK kamu mendapat rapor, maka setelah lulus SD, SMP, SMA, dan perguruan Tinggi, kamu akan mendapat Ijasah. Ijasah adalah bukti kelulusan. Ijasah inilah yang akan digunakan untuk meneruskan ke jenjang selanjutnya.

4.       Album Foto
Apakah kamu mempunyai album foto di rumah ?
Coba bukalah kembali album fotomu. Foto siapa saja yang ada didalamnya ?
Peristiwa apa saja yang diabadikan di album itu ?
Foto memang berguna bagi keluarga. Foto bisa untuk mengenang masa lalu, misalnya foto sewaktu bayi. Sewaktu bayi,  Dio difoto oleh ayahnya. Ini adalah foto Dio sewaktu bayi. Foto adalah dokumen yang dapat disimpan.
Dahulu, foto hanya ada satu macam yaitu foto hitam putih. Pada saat itu perlu waktu lama untuk mencetak foto. Sekarang tidak lagi seperti dulu. Foto sudah berwarna dan tidak perlu menunggu lama untuk mencetaknya. Bahkan foto dengan kamera handphone pun dapat langsung di cetak.

Tugas
Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar!

1.       Apakah yang dimaksud dengan Dokumen ?
2.       Apakah laminating itu ?
3.       Apakah manfaat akta kelahiran ?
4.       Siapa yang berhak membuat akta kelahiran ?
5.       Tulislah beberapa dokumen pribadi yang penting !
6.       Apakah kamu mempunyai foto di rumah ?
7.       Apakah manfaat foto ?
8.       Di mana sebaiknya foto disimpan?
9.       Apakah rapor ?
10.   Siapakah yang menerbitkan rapor ?

0 komentar:

Poskan Komentar

welcome to my blog

thank your visit my blog

bagaimanakah pendidikan yang berkarakter